Operasi Input Ouput di Linux

Kemarin telah meng-Install linuxnya sekarang kita mencoba untuk menjalankan operasi-operasi dasar pada linux. Sebelum melanjutkan untuk prakteknya, jika belum Install linux dapat membaca artikel sebelumnya klik disini.

Untuk mengawali prakteknya, kita buka terlebih dahulu terminalnya.

selanjutnya kita ke prakteknya
pertama adalah output ke layar (standar output) dari keyboard dengan menggunakan perintah cat
cat digunakan untuk menampilkan standar input keyboard ke standar output dalam terminal. seperti digambar diatas dimana menuliskan kalimat "halo, apa kabar?" kemudian kita tekan enter maka akan tampil kalimat halo, apa kabar? kalimat tersebut akan ditampilkan kembali.


perintah mkdir untuk membuat direktori baru
perintah mkdir adalah perintah untuk membuat direktori baru, apa bila kita membuat direktori baru dengan nama yang sama akan muncul pesan bahwa direktori tidak dapat dibuat karena telah dibuat diawal.


selanjutnya adalah Pembelokan (redirection)

pembelokan standar output
perintah diatas berfungsi sebagai pembelokan standar output yang berfungsi untuk membelokan standar input kedalam satu file bernama dok1.txt

Pembelokan standar input, yaitu dibelokan dari keyboard menjadi dari file
perintah diatas berfungsi sebagai pembelokan standar output yang sebelumnya telah diinputkan pada sebelumnya yang juga sama dengan perintah $cat dok1.txt yaitu menampilkan isi file yang telah dibuat sebelumnya.

pembelokan standar error untuk disimpan di file
 Perintah “$ mkdir mydir 2> myerror” berjalan dengan cara: ketika dimasukan perintah tersebut kemudian dienter maka perintah yang pertama kali dijalankan adalah mkdir mydir yang kemudin dilanjutkan dengan proses peyalinan, mengcopy, atau menyimpan pesan error pada proses mkdir mydir ke file myerror. yang bisa dipastikan dengan melihat isi filenya dengan perintah cat myerror.txt


Notasi 2>&1 : pembelokan standar error (2>) adalah identik dengan file descriptor 1
 Perintah “ls filebaru 2> out.txt” pada gambar diatas sama halnya dengan perintah pada gambar pembelokan standar error untuk disimpan di file, perbedaanya hanya pada proses penyalinan pesan eror, pada gambar pembelokan standar error untuk disimpan di file proses penyalinganya dari perintah mkdir mydir sedangkan pada gambar diatas penyalinanya dari ls filebaru yang tidak ada pada direktori tersebut sehingga muncul pesan bahwa direktory/file yang dimaksud tidak tersedia, dan pesan eror inilah yang kemudian disalin kedalam file out.txt. Yang diidentifikasi berdasarkan isi deskrifsi sebelunya. Sedangakan Perintah “ls filebaru 2> out.txt 2>&1” berfungsi untuk menghapus isi file yang tadinya di copykan kedalam file out.txt, yang ditambahan &1 digunakan untuk langsung mengeluarkan isi dari file out.txt dan langsung menampilkannya pada console terminal.



Selanjutnya adalah Pipa(Pipeline)
operator pipa(|) digunakan untuk membuat esekusi proses dengan melewati data langsung ke data lainnya
perintah diatas adalah perintah untuk mengetahui user yang sedang aktif, yang kemudia di sort




Filter











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Install Ubuntu Di VirtualBox.

Operasi File dan Struktur Direktori